Di Balik Publikasi: Menjadi Publisis Novel Terbaru Leila S. Chudori

Pembicaraan menjadi “publisis buku” sudah sering terlontar ke Penerbit KPG dan juga penulis Leila S. Chudori saat kami bertemu, tapi tak pernah terpikirkan bahwa satu kali akan menjadi publisis mereka. Salah satu sebab, rintisan upaya yang baru berjalan setahun lebih ini terus-menerus mencari formulasi yang tepat untuk bisa mempercepat bertemunya karya buku yang baik dengan publik pembacanya. Sebab lain, karena memang selama ini hubungan yang terjadi adalah pembicaraan hangat sambil makan siang di bilangan Palmerah atau SCBD.

Kesempatan sempat muncul beberapa kali dari Penerbit KPG untuk buku non-fiksi mereka, tetapi baru kali ini betul-betul terlibat untuk merencanakan kegiatan publikasi untuk “Pulang” karya novel terbaru Leila S. Chudori, senior editor Tempo dan penulis perempuan yang matang dalam bercerita, baik lisan maupun tulisan.


Ketika Leila S. Chudori menelpon dan menceritakan apa sebetulnya isi novel terbarunya ini, saya langsung “membeli”, maksudnya percaya betul premis cerita kuat dan kalau digarap dengan rapi, novel ini akan disukai oleh pembaca. Kerja besar ini melibatkan banyak orang yang harus dihubungi, selain editor, social media specialist, tapi sekali lagi bertemu dengan Wisnu Darmawan, manajer Dian Sastrowardoyo yang juga telah terlibat dalam launching buku Leila S. Chudori sebelumnya.


Rencana komunikasi telah disiapkan dan disetujui kemarin oleh Penerbit KPG dan Leila S. Chudori. Print out novel terbaru ini pun sudah diterima. Tinggal melaksanakan sebaik-baiknya kepercayaan besar yang sudah diberikan. Mohon dukungan dari teman, sahabat, dan jaringan komunitas buku agar rencana komunikasi ini berjalan lancar.

Pulang
karya Leila S. Chudori
ISBN: 9789799105158
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)

0 comments:

Poskan Komentar