Kampanye


Menyadari betapa banyak persoalan di dalam dunia menulis dan membaca, Scriptozoid! memutuskan untuk turut aktif terlibat dalam kampanye-kampanye sosial dengan memanfaatkan new media sebagai medium pencerahan dan kegiatan nyata.
Berikut ini adalah kampanye yang telah dilakukan:

Selamatkan Pustaka Jaya
 – gerakan pembaca untuk “menyelamatkan” penerbit Pustaka Jaya yang hampir ditutup pada Desember 2011. Kampanye berlangsung sejak bulan Oktober – Desember 2011. Hasil: tingkat awareness publik naik, terjadi penjualan secara online, dan penerbit Pustaka Jaya tidak jadi ditutup.

Mengenang Kembali Pramoedya Ananta Toer
 – gerakan pembaca untuk “mengenang kembali” pikiran dan karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer. Kampanye berlangsung tanggal 6 Februari 2012, di hari kelahiran sastrawan ini. Hasil: topik meluas dan jadi pembicaraan di twitter serta mendapat perhatian khusus dari Salingsilang.com

Buku Anak Lokal
 – gerakan pembaca untuk memberi pokok perhatian pada kuantitas dan kualitas buku anak lokal di tengah serbuan buku terjemahan dan buku impor. Kampanye dimulai dari Februari 2012 sampai sekarang.

Pak Raden Ngamen
 – gerakan masyarakat untuk mendesak dikembalikannya hak cipta Si Unyil kepada Pak Raden (Drs. Suyadi) sebagai kreator. Kampanye dimulai sejak bulan April 2012 dan hingga kini masih berlangsung.

Stop Bakar Buku
 – kampanye penggalangan tandatanganan surat protes dari masyarakat kepada Gramedia, MUI, FPI dan POLRI untuk mengecam tindakan pembakaran buku yang dilakukan pada 13 Juni 2012.

Lewat Djam Malam
 – kampanye publik untuk menyebarluaskan pentingnya mendukung upaya pelestarian film lama Indonesia.

0 comments:

Poskan Komentar