Di Balik Publikasi: “Master 18″ karya Soegeanto Tan

Debut publikasi Scriptozoid! diawali dari buku berjudul “Master 18″ ini. Bagaimana ceritanya buku ini sampai saya tangani publikasinya ternyata unik sekali. Karena tawaran ini justru datang tak lama setelah saya berdiskusi tentang minimnya komunikasi dan dukungan pada penulis-penulis buku di Indonesia. Teman saya itu bukan orang penerbitan, bukan juga bagian dari industri komunikasi. Tapi justru karena kenal lama, dia tahu seberapa serius saya dengan niat saya.


Lewat fasilitasinya, akhirnya saya bertemu dengan penulis baru. Namanya Soegeanto. Relatif muda, baru hendak menginjak kepala 4, usia yang selalu disebut-sebut orang dengan diktum “life is begin at 40!”. Karena bidang ini juga relatif baru saya kuasai, saya banyak berkonsultasi dengan sejumlah teman dan mengajak mitra kerja. Jadilah sore itu, kami berdiskusi cukup panjang tentang buku yang akan segera diterbitkan oleh penerbit Elex Media (grup Gramedia) di akhir September.

Ternyata obrolannya betul-betul harus merangkak dari nol. Sebagai penulis baru, Soegeanto betul-betul memasukinya begitu saja. Diterbitkan saja sudah senang… mungkin itu euforia yang dialaminya. Padahal sebagai penulis, ia berhak atas sejumlah hal yang sudah seharusnya menjadi tanggung jawab penerbit. Jadi saya sarankan ia meminta banyak hal yang sudah menjadi haknya. * langsung mikir membuat workshop singkat gitu soal hak penulis *

Pendeknya, Soegeanto cocok dengan misi saya. Saya pun demikian. Soal genre bukunya yang masuk kategori motivasi/psikologi populer saya tidak punya masalah, asalkan jangan terlalu mengada-ada. Saya dapat ebooknya, kelihatannya draft kesekian dari hasil tulisannya (mungkin ke arah ARC) dan membacanya. Ternyata saya temukan hal yang sangat luar biasa dalam buku ini. Bukan sekedar buku motivasi yang melulu bicara soal sukses. Buku ini membawa semangat jauh lebih besar: “mencetak generasi muda yang lebih baik untuk Indonesia.”

0 comments:

Posting Komentar